Fiskal Terbatas, Lampung Bisa Dongkrak Lewat Investasi Swasta

Ekbis  RABU, 13 SEPTEMBER 2017 , 08:55:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Fiskal Terbatas, Lampung Bisa Dongkrak Lewat Investasi Swasta

Arief Hartawan

RMOL. Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Lampung Arief.

Arief Hartawan mengatakan, dalam kondisi fiskal daerah yang relatif terbatas, dalam jangka pendek yang bisa ditempuh oleh Pemda Lampung untuk mendorong perekonomian lebih tinggi lagi adalah menarik investasi swasta.

"Investasi swasta sebanyak mungkin dengan memperbaiki iklim investasi," katanya.

Misalnya, kata dia, melalui percepatan dan penyederhanaan perizinan, pemberian insentif regulasi untuk pengembangan usaha, dan komunikasi program investasi secara profesional.

Guna mendukung langkah pembenahan iklim investasi dimaksud, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung bersama dengan Pemerintah Provinsi Lampung serta pemerintah kab/kota akan membentuk dan mengembangkan Forum Investasi Lampung (FOILA).

Bersamaan dengan FOILA, upaya lain yang juga penting untuk dilakukan adalah meningkatkan ekspor Lampung antara lain dengan mencari pasar baru tujuan ekspor produk Lampung.

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan memfasilitasi exibisi/pameran produk Lampung di pasar dunia dengan dukungan atase perdagangan atau Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) yang tersebar di seluruh dunia.

Oleh karena itu, Lampung perlu go international bersinergi dengan Kementerian/Lembaga terkait baik di pusat maupun di daerah.

KPBI. [REL]

Komentar Pembaca
Peran Indonesia Ke Rohingya Masih Minim

Peran Indonesia Ke Rohingya Masih Minim

SELASA, 05 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

KPK Bisa Dibubarkan

KPK Bisa Dibubarkan

SENIN, 10 JULI 2017 , 21:00:00

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

SABTU, 08 JULI 2017 , 17:00:00

KAMIS, 31 AGUSTUS 2017 , 19:56:00