Sekilap Wawwas Latihan Memanah Bangkitkan Sejarah "Tumbay"

Budaya  KAMIS, 14 SEPTEMBER 2017 , 08:14:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Sekilap Wawwas Latihan Memanah Bangkitkan Sejarah
RMOL. Sekilap Wawwas, 12 anggota pasukan pemanah dari Kerajaan Paksipak Sekala Brak, Lampung, yang ada di wilayah Selatan, rutin mengasah salah satu kemampuannya dengan latihan panah. Panah merupakan keterampilan sejak nenek moyang.

Sekilap Wawwas dipimpin Hulu Dalung, kata R. Berlian Marga,.SH bergelar Panglima Elang Berantai dari Kerajaan Paksipak Skala Brak Lampung Wilayah Selatan. Menurut dia, ‎latihan memanah agar para prajurit bertambah lihai memainkan busur panah.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan, kemampuan, kelihaian ketepatan memanah dalam memainkan busur untuk para prajurit Kerajaan Paksipak Sekala Brak Lampung,” katanya.

Panglima Elang Berantai menambahkan, latihan kelihaian ini tentu selain menghidupkan keterampilan memanah juga untuk menjalin dan memperkokoh silaturahmi serta komando kesetian terjaga bagi para punggawa adat Kawal Saibatin.

Untuk melestarikan dan menghidupkan kembali keterampilan memanah masyarakat adat Lampung Saibatin,” imbuhnya.

Dirinya berharap, agar keterampilan memanah ini bisa dilestarikan dan dijaga karena keterampilan ini sejak zaman tumbay (lama), sejak nenek moyang suku Lampung menguasai keterampilan ini untuk dipergunakan sebagai sarana beladiri, menjaga kehormatan piil orang Lampung dari Penjajah Belanda.

Tentunya pada zaman sekarang ini, bisa dikembangkan dengan anak-anak kita sebagai sarana olahraga dan meningkatkan prestasi di bidang pendidikan masing-masing,” harapanya. [PAKHO]


Komentar Pembaca
Peran Indonesia Ke Rohingya Masih Minim

Peran Indonesia Ke Rohingya Masih Minim

SELASA, 05 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

KPK Bisa Dibubarkan

KPK Bisa Dibubarkan

SENIN, 10 JULI 2017 , 21:00:00

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

SABTU, 08 JULI 2017 , 17:00:00

KAMIS, 31 AGUSTUS 2017 , 19:56:00