Kota Bandarlampung Aman dari Pil PCC.

Kesehatan  RABU, 27 SEPTEMBER 2017 , 06:50:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Kota Bandarlampung Aman dari Pil PCC.
RMOL. Kota Bandarlampung aman dari peredaran Paracetamol caffein carisoprodol (PCC). Kesimpulan sementara ini berdasarkan hasil sidak Tim Gabungan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandarlampung bersama Satnarkoba Polresta Bandarlampung, Dinas Kesehatan Kota Bandalampung dan Provinsi Lampung ke sejumlah apotek di Bandarlampung, Selasa (26/9/2017).

Kepala BBPOM Bandarlampung Syamsuliani, mengatakan sidak ini dilakukan untuk menindaklanjuti adanya temuan PCC di Kendari dan Makassar beberapa waktu yang lalu.  Dari dua apotek yang dicek, yakni Apotik Raisa di Jl. Teuku Umar dan Apotek Indra Jaya di Jl. Wolter Mongonsidi, tidak ditemukan PCC maupun OOT yang melanggar aturan.

Baru dua yang kami sidak, setelah kami cek obatnya, kami cocokkan dengan kartu persediaan dan fakturnya tidak kami temukan hal-hal yang menyimpang dan PCC yang kami cari tidak ditemukan. Selain Kota Bandarlampung, kami juga akan melakukan sidak ke kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Lampung secara signifikan,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, target pencarian PCC ini juga turut mencari OOT yang dianggap berbahaya jika disalahgunakan dalam penggunaan maupun distribusinya. Kalau fokus kita kan memang PCC yang sudah ditarik dari peredarannya dan dilarang keras ada. sedangkan OOT itu obat-obat tertentu seperti tramadol, haloperidol, yang khasiatnya sebagai obat penenang dan sering dicari orang-orang yang memerlukannya. Jangan sampai distribusinya disalahgunakan di sarana legal seperti apotek,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli, mengatakan sidak ini akan dilakukan di beberapa apotek lainnya untuk memastikan bahwa Bandarlampung bebas PCC. Edwin mengaku tidak akan menargetkan penyelesaian sidak PCC ke apotek di Kota Bandarlampung.

Pengawasan ketat ini akan dilakukan secara terus menerus. Kita nggak bisa pakai target. Karena bisa saja bulan ini tidak ada, tapi bulan depan ternyata mereka memiliki PCC, makanya pengawasan akan kita lakukan terus,” tandasnya. [LE/pakho]


Komentar Pembaca
Peran Indonesia Ke Rohingya Masih Minim

Peran Indonesia Ke Rohingya Masih Minim

SELASA, 05 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

KPK Bisa Dibubarkan

KPK Bisa Dibubarkan

SENIN, 10 JULI 2017 , 21:00:00

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

SABTU, 08 JULI 2017 , 17:00:00

KAMIS, 31 AGUSTUS 2017 , 19:56:00