Pemkab Pesibar Tetap Bersikukuh Lahan Sengketa 4,7 Ha Milik Pemkab

Hukum  JUM'AT, 12 JANUARI 2018 , 17:23:00 WIB

Pemkab Pesibar Tetap Bersikukuh Lahan Sengketa 4,7 Ha Milik Pemkab

Nawardi

RMOL. PN Liwa telah memenangkan tuntutan ahli waris lahan 4,7 Haktare yang diklaim milik Pemkab Pesisir Barat (Pesibar). Kabag Hukum Pemkab Pesibar Nawardi bersikukuh lahan tersebut hibah Alm H. Tabrani Dalil ke Pemkab Pesibar. Pemkab Pesibar akan melakukan langkah hukum sesegera mungkin.

Menurut Nawardi, Pemkab Pesibar memiliki akta hibah yang sudah dituangkan lewat Akta Notaris Sri Dahliawaty (28/7/2017), dari keluarga besar Rusli yang diwakilkan tiga anaknya, yakni Peri Alsobri, Rumyati, dan Dewi Nuryanti.

Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto mempersilahkan bagi mereka yang merasa dirugikan untuk menempuh jalur hukum. "Negara kita negara hukum,” katanya. Aparat kepolisian mengawal pembongkaran sesuai dengan permintaan pengamanan PN Liwa.

Namun, ahli waris Alm H. Tabrani Dalil, yakni Ria Resukia, Isna Adianti, Anda Mulia dan Aria Resuki Anggun Arifnur, menuntut lahan tersebut. Wim Badri Zaki sebagai Kuasa Hukum dari Aria Resukia menjelaskan bahwa kliennya ingin memeroleh kepastian hukum.

Wim Badri Zaki menyatakan bangga terhadap Pengadilan Negeri Liwa, kepolisian, dan para pemangku kepentingan yang telah mendukung pelaksanaan eksekusi. Sikap PN Liwa meningkatkan kepercayaan masyarakat warga terhadap penegakan hukum, ujar Badri.

Dia menilai apa yang dilakukan Bupati Agus Istiqlal merupakan arogansi kepala daerah terhadap rakyatnya.

Apalagi, menurut Wim Badri Zaki, kliennya memiliki bukti kuat dan sudah diputusakn hakim sehingga memiliki kekuatan hukum tetap. Pemkab tidak dapat menunjukkan alasan hukum yang sah atas penyerobotan tanah kliennya.

Semoga laporan ini bisa dijadikan pelajaran dan bahan evaluasi bagi penguasa jangan sampai menggunakan kekuasaannya untuk merampas hak warga,” ujarnya.

Dia menyebutkan tak ada yang boleh menyerobot tanah warisan alm. Hi. Tabrani Dalil kecuali ijin bersama dari ahli waris yaitu Aria Resukia, Isna Adianti, Anda Mulia, dan Anggun Arif Nur.

Karenanya demi kepastian hukum dan keadilan, kami mohon Polda Lampung memeriksa terlapor atas perkara ini,” tutupnya.[Pakho]

Komentar Pembaca
Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Djarot Dan Pemkot Melukai Warga Medan

Djarot Dan Pemkot Melukai Warga Medan

SELASA, 12 JUNI 2018 , 17:00:00

Pertemuan Bersejarah Trump dan Kim

Pertemuan Bersejarah Trump dan Kim

SELASA, 12 JUNI 2018 , 13:00:00

Sejumlah Tokoh Nasional Hadiri Hari Jadi <i>RMOL Bengkulu</i>
Dua Korea dalam Satu Meja

Dua Korea dalam Satu Meja

JUM'AT, 27 APRIL 2018 , 14:49:00

UBK dan Iran Jalin Kerjasama

UBK dan Iran Jalin Kerjasama

RABU, 25 APRIL 2018 , 15:57:00