PAN dan Gerindra Diterpa Isu Rekomendasi Cagub Rp 170 Miliar

Hukum  JUM'AT, 12 JANUARI 2018 , 19:38:00 WIB

PAN dan Gerindra Diterpa Isu Rekomendasi Cagub Rp 170 Miliar
RMOL. Beredar rekaman suara diduga Ketua DPD Gerindra Jawa Timur, Supriyatno yang isinya meminta mahar rekomendasi Gerindra-PAN senilai Rp 170 miliar kepada salah satu bakal calon gubernur berinisial LNM.

Ketua Progres 98, Faizal Assegaf berpendapat, Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PAN Zukifli Hasan perlu meluruskan kabar tidak sedap tersebut.

"Bila terbukti adanya praktek politik transaksional, jelas sangat melukai hati rakyat dan dapat berimplikasi serius di Pilkada nasional 2018," tegas Faizal kepada redaksi, Rabu (10/1).

Ihwal dugaan politik uang yang terjadi dalam proses rekomendasi cagub Jatim ini bisa mengancam kongsi PAN, PKS dan Gerindra.

"Ini merupakan skandal politik paling menyeramkan dan berpotensi menghancurkan soliditas kubu oposisi. Bukan saja bukti rekaman suara, tapi juga ada bukti tertulis pemberian uang muka senilai Rp 5,9 miliar yang diserahkan ke Pak Prabowo," bebernya.

Menurut dia, patut disayangkan kalau sampai kasus ini dibawa ke jalur hukum, karena dapat menjadi bumerang sekaligus menghancurkan citra PAN dan Gerindra di mata publik.

"Kita berharap, Prabowo dan Zulkifli Hasan bertindak terbuka, jangan sepelekan kasus politik uang dalam proses rekomendasi. Dan masalah ini tidak hanya terjadi di Pilkada Jatim, tapi juga di sejumlah daerah lainnya," imbuhnya.

Untuk menggali lebih jauh, kata Faizal, Progres 98, Presidium Alumni 212 serta GNPF Ulama dalam waktu dekat akan membentuk Sentral Pengaduan Politik Uang (SPPU). Semua temuan data dan pihak-pihak yang menjadi korban penzaliman politik akan direspon secara serius.

"Kalau datanya sudah rampung, SPPU akan mengambil langkah tegas menyampaikan pengaduan ke lembaga penegak hukum berwenang. Sebab untuk kasus Pilkada Jatim, oknum pelakunya selain kader partai juga angggota DPR RI," terangnya.[wid]

Komentar Pembaca
Peran Indonesia Ke Rohingya Masih Minim

Peran Indonesia Ke Rohingya Masih Minim

SELASA, 05 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

KPK Bisa Dibubarkan

KPK Bisa Dibubarkan

SENIN, 10 JULI 2017 , 21:00:00

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

SABTU, 08 JULI 2017 , 17:00:00

KAMIS, 31 AGUSTUS 2017 , 19:56:00