Parosil dan Jajaran Bahas Program Wujudkan "Lambar Hebat dan Sejahtera"

Daerah  KAMIS, 18 JANUARI 2018 , 07:39:00 WIB

Parosil dan Jajaran Bahas Program Wujudkan
RMOL. Bupati Parosil bersama jajarannya merancang program pembangunan untuk mewujudkan "Lampung Barat Hebat dan Sejahtera" lewat Konsultasi Publik RPJMD Lampung Barat TA 2017-2022 di Aula Ratu Piekulun, RSUD Alimuddin Umar, Rabu (17/1/2018).

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Bappeda Lampung Elvira Umihanni, Asisten  Bidang Ekonomi Pembangunan Natadjudin Amran, staf ahli bupati, LPPM Unila, Kepala OPD Lambar, Forkompinda, muspida dan camat, pimpinan BUMN, perbankan serta undangan lainya.

Dalam sambutanya, Bupati Parosil mengucapkan selamat datang di Bumi Sekala Brak, Negeri Para Saibatin, surganya penikmat kopi, negeri berbudaya dan penuh kenangan kepada para tamu.

"Pertemuan ini penting bukan semata-mata persyaratan teknis penyusunan RPJMD sesuai Permendagri No. 86 Tahun 2017 tapi momentum penyusunan sinergitas dan sinkronisasi dari visi dan misi janji politik kami," ujar Parosil.

Sehingga, katanya, RPJMD menjadi landasan konstitusional dan operasional bagi penyelenggaraan pembangunan daerah agar tepat sasaran mulai dari tingkat kabupaten hingga pekon untuk mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera.

Bupati Parosil mengajak semua pihak optimis mewujudkan "Lampung Barat Hebat dan Sejahtera", hebat sumberdaya alamnya, hebat masyarakatnya, hebat tata kelola pemerintahan daerahnya, dengan nafas Trisakti dan Nawacita.

"Lampung Barat yang hebat secara politik, ekonomi, berkepribadian dalam kebudayaan," ujar Parosil.

Menurut dia, ada tiga  cita-cita, yaitu Lampung Barat sebagai kabupaten yang tangguh bencana, kabupaten literasi, dan kabupaten konservasi yang sejahtera.    

Tentu saja, katanya, semua cita-cita tersebut bisa dibuktikan lewat berbagai ukuran-ukuran dan akan dipertanggungjawabkan di akhir jabatan.

Parosil titip pesan sebagus apapun konsep dan rencana yang disusun kalaulah itu tidak bisa dijalankan, masyarakat tidak mendapat tempat berpartisipasi serta berkontribusi, program yan akan disusun menjadi sia-sia.

Ada tujuh program unggulan yang disebut sebagai "Pitu Program" yang menjadi janji politik Parosil kepada masyarakat, yakni (1) terbangunnya infrastruktur yang layak, berkualitas dan berkeadilan; (2) lestarinya kebudayaan dan kearifan lokal; (3) terbentuknya pekon-pekon yang hebat dan tangguh terhadap bencana; (4) tersedianya sumberdaya masyarakat yang sehat, cerdas, kreatif   dan    berdaya   saing;(5) terciptanya   akses pelayanan publik yang cepat, dan mudah; (6) destinasi wisata utama; (7) sekaligus produsen kopi robusta dilampung”,Ujarnya

Ketua Panitia Ir. Okmal dalam sambutannya mengatakan dasar Pelaksanaan Forum Konsultasi public Permendagri No 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Perda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah daerah, serta Tata  cara Perubahan Rencana pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemda.

Pasal 48, Ayat 1, disebutkan bahwa Rancangan Awal RPJMD dibahas para pemangku kepentingan melalui Forum Konsultasi Publik.  Selanjutnya tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan awal RPJMD kabupaten Lambar 2017-2022.

Narasumber kegiatan ini berasal dari  bappeda Prov Lampung dan Tim LPPM Unila dengan peserta sebanyak 150 orang yang berasal Anggota DPRD Lambar, Forkompinda, OPD, Camat Peratin, Organisasi Wanita, BUMN, BUMD, Media Masa serta stakeholder lainnya,” paparnya. [Putra/Pakho]

Komentar Pembaca
Peran Indonesia Ke Rohingya Masih Minim

Peran Indonesia Ke Rohingya Masih Minim

SELASA, 05 SEPTEMBER 2017 , 13:00:00

KPK Bisa Dibubarkan

KPK Bisa Dibubarkan

SENIN, 10 JULI 2017 , 21:00:00

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

Rekor! TNI AD 10 Kali Juara di ASAAM

SABTU, 08 JULI 2017 , 17:00:00

KAMIS, 31 AGUSTUS 2017 , 19:56:00