Pilgub Lampung 2018

Debat Cagub di TV Nasional Hasil Rakor KPU RI

Politik  SENIN, 12 MARET 2018 , 17:19:00 WIB | LAPORAN:

Debat Cagub di TV Nasional Hasil Rakor KPU RI

KPU Lampung

RMOL Komisioner KPU Lampung Divisi Pengembangan SDM dan Partisipasi Masyarakat, Solihin beralasan siaran langsung debat kandidat calon Gubernur Lampung melalui salah satu televisi nasional, merupakan hasil dari Rakor terakhir KPU RI.

Rakor KPU RI menyatakan bahwa harus ada satu kali debat kandidat yang disiarkan oleh stasiun televisi nasional,” kata Solihin, Senin (12/3).

KPU Provinsi Lampung mengagendakan tiga kali debat kandidat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung dengan pagu anggaran Rp800 juta.

Dua diantaranya akan berlangsung di Kota Bandarlampung dan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi lokal di Lampung. Sementara, satu kali debat kandidat akan disiarkan oleh stasiun televisi nasional.

Saat ini, lanjut dia, sudah ada 4 media group yang menawarkan untuk siaran debat kandidat di Jakarta. Yakni Metro TV, Kompas TV, CNN Group Trans7, dan MNC TV.

"Mereka menawarkan debat kandidat di studio di Jakarta. Sebab, jika siaran langsungnya di Lampung, anggarannya diatas Rp1 Miliar, tapi jika di studio mereka di Jakarta anggaran berkisar 250 jutaan," katanya.

Dia mengungkapkan, dengan aggaran yang dikeluarkan itu sudah all in. Artinya, anggaran itu sudah mencakup semuanya seperti biaya honor dewan pakar debat kandidat serta akomodasi paslon dan tim KPU.

"Artinya biaya siaran langsung debat kandidat oleh stasiun televisi nasional di Jakarta lebih murah dibanding siaran langsung di Lampung," katanya.

Sementara untuk stasiun televisi lokal Lampung, tambah dia , yang sudah masuk penawarannya adalah Radar TV, Tegar TV kemudian I-news TV, TVRI dan Siger TV.

"Kami belum pelajari semua penawaran. Rabu besok akan digelar rakor membahas porsi anggaran debat kandidat itu," katanya. [ser]



Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Sejumlah Tokoh Nasional Hadiri Hari Jadi <i>RMOL Bengkulu</i>
Dua Korea dalam Satu Meja

Dua Korea dalam Satu Meja

JUM'AT, 27 APRIL 2018 , 14:49:00

UBK dan Iran Jalin Kerjasama

UBK dan Iran Jalin Kerjasama

RABU, 25 APRIL 2018 , 15:57:00