Facebook, Biang Hoaks Pembocor Kerahasiaan

Opini  SABTU, 07 APRIL 2018 , 10:31:00 WIB | LAPORAN:

Facebook, Biang Hoaks Pembocor Kerahasiaan
EUPORIA kebebasan pers di Indonesia mencapai klimaksnya. Era digital merubah sudut pandang masyarakat yang konvensional menjadi android frame.  Seluruh strata kehidupan ekonomi demam android. Kecepatan informasi menjadi kebutuhan utama.

Akhirnya tak sadar, cara berfikir kita pun berubah drastis. Kuota menjadi kebutuhan lebih penting ketimbang ketersediaan beras yang ada di rumah. Bangun tidur yang biasanya kita berfikir tentang sarapan pagi, bergeser seketika. Tanpa di sadari tangan kita sudah menyentuh andorid untuk melihat pesat whatsApp, facebook dlsb.

Inilah realitas yang kehdupan yang kita hadapi saat ini. Munculnya puluhan ribu media online menambah bobot informasi setiap orang. Baik berita yang faktual dan tingkat kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan hingga berita tidak benar alias hoaks. Setiap waktu masuk dalam data base informasi yang kita miliki.

Hoaks dalam pengertian sederhana adalah berita bohong. Berdasarkan wikipedia Indonesia, Hoak merupakan informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Belasan orang dalam medio Februari 'Hoaks' menghantarkan penyebarnya kedalam prodeo. Kasus seolah-olah adanya larangan azan oleh  Megawati-Ketua Umum PDIP yang menggunakan lebel "Media Indonesia'  dan 'tempo' di facebook. Akibatnya, salah seorang guru di Pemkab Way Kanan Provinsi Lampung harus diamankan Polri.

Dominasi Penyebar Hoaks


Komentar Pembaca
Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Demokrat Akui Main Dua Kaki

Demokrat Akui Main Dua Kaki

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

SENIN, 17 SEPTEMBER 2018 , 19:00:00

The ads will close in 10 Seconds