Naik Vespa Keliling Kota Pakai Batik dan Pantopel, Makan Pakai Pelepah Daun

Lifestyle  SABTU, 05 MEI 2018 , 14:18:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Naik Vespa Keliling Kota Pakai Batik dan Pantopel, Makan Pakai Pelepah Daun

Vespa dan life style/RMOLLAMPUNG

RMOL. Ratusan anak muda berpakaian batik naik Vespa keliling Kota Bandarlampung. Sebagian lagi bahkan memakai celana kain slim, sepatu pantopel mengkilat, dan potongan rambut yang lagi "hits".

Vespa mereka resik dan banyak yang "kinclong". Scooter buatan Italia yang sempat dianggap "motor bapak-bapak" dan jadul jadi gaya hidup para pemuda zaman now. Vespa telah bermetamorfosis jadi "lifestyle".

Pemandangan itu yang terlihat di jalan-jalan Kota Bandarlampung dan Lapangan Korpri hingga jelang sore, Minggu lalu (29/4). Dua ratusan Vespa buatan tahun '60 hingga 2017 tersusun rapih di Lapangan Korpri.

Setelah keliling kota, para vespa mania makan siang bareng pakai pelepah daun pisang. Nasi, ikan goreng, kangkung, kerupuk, dan sambal terasi melengkapi kekompakan pada penggemar Vespa di Lampung.

Para sesepuh klub Vespa juga hadir menikmati acara yang digelar dalam rangka memeringati lahirnya Vespa sejak paska-PD II, 1946. Penggemar Vespa seluruh dunia menggelar acara yang sama.

Acara bertajuk "72 Tahun Road to Vespa Word" merupakan ajang "guyup" para penggemar Vespa di berbagai belahan dunia tanpa membedakan suku, agama, ras, bahkan idiologi politiknya. Bulan depan, puncak peringatannya di Inggris.

Penggemar dan klub Vespa Lampung terbanyak dibandingkan penggemar dan klub sepeda motor lain di provinsi ini. Indonesia memiliki penggemar dan klub Vespa terbesar di dunia. Vespa yang sempat dianggap kuno kini semakin gaya.

Marco Noto La Diega, managing director PT Piaggio Indonesia, sempat terkejut mengetahui penggemar Vespa sangat banyak di Indonesia. Hanya penggemar negara asal Vespa yang mengalahkan jumlah penggemar Vespa di Indonesia.

Komunitas vespa Indonesia menempati peringkat kedua setelah Italia. Ada sekitar 42 ribu yang masih setia mengendarai kendaraan ini. Gubernur Lampung Ridho Ficardo menyempatkan diri hadir dan menjajal Vespa Sport Sprint (SS) 90 CC warna merah di acara tersebut.

Petahana yang sedang cuti jelang Pilgub Lampung 2018 juga penggemar sepeda motor. Dia masih merawat sepeda motor sport masa kuliahnya di Bandung. Ridho dekat dengan penggemar Motor Antique Club (MACI) Lampung.

"Treng teng teng teng", suara khas mesin dua tak ikut meramaikan Kota Bandarlampung. Di balik kegemaran terhadap Vespa, ada semangat kebersamaan yang menjadi benteng terakhir NKRI. Ayo, engkol Vespamu keliling kota. "Treng teng teng teng". [hms]

Komentar Pembaca
Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

Belajar Dari Anjloknya Lira Turki

SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 19:00:00

Partai Demokrat Musuh Dalam Selimut

Partai Demokrat Musuh Dalam Selimut

SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 11:00:00

SBY Dihajar Lawan Politik?

SBY Dihajar Lawan Politik?

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 11:00:00