Pesan Terakhir Ki Enthus Susmono

Seleb  SELASA, 15 MEI 2018 , 10:13:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Pesan Terakhir Ki Enthus Susmono

Ki Enthus saat menyampaikan pesan disanggah orang-orang sekitarnya/Net

RMOLLampung. Ki Enthus Susmono, sebelum meninggal, dengan terbata-bata sempat mendoakan dan berpesan kepada semua yang masih hidup agar rukun dan tak sombong.

Melalui video pada acara sosialisasinya sebagai petahana Pilbup Tegal 2018, Ki Enthus berpesan dalam Bahasa Jawa sambil terengah-engah menahan serangan jantung.

Melalui wartawan senior Lampung yang satu kabupaten dengan Ki Enthus, Imam Untung Selamet alias Jiun, doa dan pesannya diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia sebagai berikut :

"Melalui kekuatan-Mu ya Allah tolong diberikan, diijabah, dikabulkan, berikan keselamatan, keselamatan, keselamatan semua untuk seluruh anak cucu. Semua harus rukun, rukun, rukun ... itulah yang akan membuat bahagia sentosa. Allahhuakbaaarr, Allahuakbar, ya Allah, ya Allah, jangan bersikap adigang adigung adiguna, jangan bersikap angkuh sombong dan paling bisa sendiri. Tidak akan pernah ada yang bisa mengungguli Gusti Allah. Semua itu adalah pemberian Allah. Semua kita akan menghadap dan mempertanggungjawabkan di hadapan Allah. Seeemuuuuaaa haaaruuusss ruuukuuun."

Setelah itu, Ki Enthus terjatuh dan dibawa ke Rumah Sakit Slawi, Senin (14/5), pukul 14.40 WIB. Dalang kondang yang cukup terkenal juga di Lampun itu dimakamkan Selasa (15/4). Dia sempat keliling kampanye cagub Arinal Djunaidi.


Komentar Pembaca

The ads will close in 10 Seconds