CLS Warga Tulangbawang: SGC Turut Tergugat

Hukum  RABU, 16 MEI 2018 , 13:06:00 WIB | LAPORAN: DERRY HAIKAL

CLS Warga Tulangbawang: SGC Turut Tergugat

Ali Hakim Lubis/Dok

RMOLLampung. Selain Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Gubernur Lampung dan Bupati Tulangbawang jadi tergugat, perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam kelompok usaha Sugar Group Companies (SGC) juga menjadi turut tergugat.

Hal itu tertuang dalam berkas gugatan citizen law suite (CLS) warga Kabupaten Tulangbawang yang teregister dengan nomor 388/Pdt.G/2018 tanggal 9 Mei 2018 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Menurut salah seorang kuasa hukum warga Tulangbawang yang tergabung dalam Tim Advokasi Rakyat Lampung (ARL), Ali Hakim Lubis, S.H, pihak-pihak yang menjadi turut tergugat adalah enam perusahaan yang melakukan penanaman modal di perkebunan tebu dan pabrik gula. Perusahaan-perusahaan ini kerab disebut sebagai kelompok usaha Sugar Group Companies (SGC).

Ali menjelaskan, akibat adanya pengabaian atas kewajiban negara yang dilakukan para tergugat pada aktivitas penanaman modal kelompok usaha Sugar Group Companies (SGC), warga Kabupaten Tulangbawang mengalami kerugian. Aktivitas penanaman modal mereka (SGC) membuat kebun tebu dan pabrik gula di Kabupaten Tulangbawang mengakibatkan kerugian warga disana.

Karena para tergugat lalai mengawasi pelaksanaan aktivitas penanaman modal yang dilakukan para turut tergugat. Sehingga menyebabkan adanya kerugian warga Kabupaten Tulangbawang. Para pihak yang menjadi turut tergugat, ada PT SIL, PT ILP, PT MKS, PT GPA, PT ILCM, dan PT BSSS,” ungkap Ali kepada wartawan di Jakarta, Rabu (16/5).


Komentar Pembaca
Jokowi Abaikan Rekomendasi Copot Menteri Rini

Jokowi Abaikan Rekomendasi Copot Menteri Rini

KAMIS, 17 JANUARI 2019 , 13:00:00

Tjahjo Ngaku Bantu Meikarta

Tjahjo Ngaku Bantu Meikarta

RABU, 16 JANUARI 2019 , 17:00:00

KPK Mestinya Panggil Tjahjo

KPK Mestinya Panggil Tjahjo

SELASA, 15 JANUARI 2019 , 15:00:00

The ads will close in 10 Seconds