Merekam Program Kandidat Pilkada

Oleh Dr. Andi Desfiandi, M.A.

Opini  JUM'AT, 08 JUNI 2018 , 22:57:00 WIB

Merekam Program Kandidat Pilkada
TIGA minggu jelang hari H pencoblosan pilkada serentak 2018 tiba, kepala berita dan hentak isu panas jadi lalapan isi kepala. Sambil fokus puasa, sambil lalu hiruk-pikuk warta menandai hidupnya proses ruang dan waktu, berdemokrasi dengan riang gembira.

Untung rakyat sudah kelewat cerdas. Kecerdasan politiknya, bukan lagi dalam dua hal, pertama, mengidentifikasi bentukan baru dan pola lama kemasan baru afirmasi mandirinya terhadap rekam jejak kandidat pilkada, dan kedua, oleh karenanya memiliki referensi khas hasil political tracing-nya sendiri yang makin paripurna hingga tiba di bilik suara.

Penentunya, pukul 7 pagi hingga jam satu siang 27 Juni 2018, tiga minggu lagi. Saat mana, kartu nama yang tak lux lagi, jam dinding baterai beli sendiri, sarung yang baru terpakai sekali sayang terus dilipat lagi, kalender meja yang entah mungkin sudah pindah jadi bantalan kursi, dsb, bertemu pembuktian empirisnya.

Efektifkah media sosialisasi, alat peraga kampanye, senyum tim sukses, perayu politik, dan pekik juru kampanye, lempangkan aras proses memilah dan memilih rakyat 27 Juni?

Bagaimana nasib dan masa depan 1,045 juta jiwa rakyat miskin di Lampung di tangan keempat paslon gubernur-wakil gubernur Lampung? Mampukah pilkada Lampung, juga Tanggamus dan Lampung Utara jadi prototipe terbaik persembahan ujung Sumatera untuk sumbangsih kualitas demokrasi Indonesia hari ini?


Komentar Pembaca

The ads will close in 10 Seconds