Lewat Posternya, Abel Harumkan Kabupaten Literasi Lampung Barat

Pendidikan  SABTU, 30 JUNI 2018 , 00:09:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Lewat Posternya, Abel Harumkan Kabupaten Literasi Lampung Barat

Abel (tengah) / RMOLLampung

RMOLLampung. "WUJUDKAN mimpimu dengan kerja cerdas, tantang diri melakukan yang luar biasa." Begitu slogan poster Brenda Annabel Rosalind dari SMAN 1 Liwa Lambar yang meraih juara satu FLS2N SMA 2018.

Abel, panggilannya, tak cuma berslogan, dia sejak SD sudah ikut Lomba Gambar Bercerita pada FLS2N SD 2011. Namun, dengan cara manual, karyanya kala itu hanya meraih juara harapan satu.

Tahun 2017, Abel kembali mengikuti Lomba Desain Poster Tingkat SMA 2017 di Hotel Sahid Bandarlampung. Ketekunan terbayar, dia meraih juara dua.

Pada Lomba Desain Poster FLS2N SMA 2018 yang berlangsung di Hotel Sahid Bandarlampung, Minggu (24/6/18), karya Abel akhirnya menjadi yang terbaik.

Di atas posternya, Abel menuliskan judul posternya : "Generasi Brilliant Berjuang Sampai Prestasi Puncak."  

Abel tak hanya beslogan. Dia sendiri berhasil membuktikan kegigihannya sejak kecil sampai akhirnya menjadi yang terbaik pada lomba poster FLS2N SMA 2018.

Abel, pertama kali ikut Lomba Gambar Bercerita FLS2N SD Tahun 2011 di Wisma Haji Bandarlampung. Dia membuat enam embar gambar bercerita selama tiga hari.

Karyanya bercerita tentang cita-citanya sebagai penulis. Literasi dalam karyanya nyaris sempurna untuk anak seusia Abel. EYD, tatabahasa dan paragrafnya, seperti ditulis orang yang sudah berpengalaman menulis.

Pada saat itulah, barangkali, telah mulai lahir generasi leterasi dari Kabupaten Literasi Lampung Barat yang baru saja dicanangkan Bupati Lambar Parosil Mabsus.

Brenda Annabel Rosalind akhirnya berhasil mengharumkan Kabupaten Literasi Lampung Barat lewat Lomba Desain Poster FLS2N Tingkat SMA 2018.

Abel mendeskripsikan karyanya sebagai berikut: Cita-cita yang tinggi tanpa batasan adalah hak setiap orang, apalagi dengan tujuan untuk mengharumkan nama bangsa.

"Dalam menggapainya, kita tidak boleh pantang menyerah dan harus selalu berkerja keras. Karena, masa depan bangsa ada di tangan pemudanya," ujar Abel.

Dia memvisualisasikan tema lomba, judul dan slogan posternya berupa gambar astronot yang membawa bendera merah putih menuju cakrawala, cita-cita tanpa batas.

Untuk menunjukkan identitas Indonesia, Abel perkuat dengan kostum astronot yang menyerupai Burung Garuda. Matahari yang berpijar menggambarkan tekad yang bulat dan pantang menyerah dalam meraih prestasi.

Pada bagian bawah poster, adat beberapa siluet yang menceritakan anak kecil yang bermimpi, kemudian usahanya dengan belajar giat, hingga akhirnya bisa menggapai mimpi.

"Untuk pemakaian font, saya memilih kesan tegas dengan warna silver dan gold untuk melambangkan generansi yang berkualitas dan berdaya saing, ujarnya kepada Bambang SBY dari Kantor Berita RMOLLampung. [hms]

Biodata :
Nama : Brenda Annabel Rosalind
Lahir : Liwa, 18 April 2002
Sekolah : Kelas XII SMAN 1 LIWA
Putri kedua pasangan Ronggur L. Tobing, Sip,Msi dan Vera Lelys Situmorang, SE.

Komentar Pembaca
Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

KAMIS, 19 JULI 2018 , 13:00:00

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

RABU, 18 JULI 2018 , 13:00:00

Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

SENIN, 16 JULI 2018 , 15:00:00

Dugaan Politik Uang Di Pilgub Lampung

Dugaan Politik Uang Di Pilgub Lampung

MINGGU, 08 JULI 2018 , 07:35:00

Peringati Al Quds Day

Peringati Al Quds Day

JUM'AT, 08 JUNI 2018 , 19:27:00