Indahnya Kompetisi Tanpa Threshold, Pengantar Nonton Semi-Final

OLEH: ADHIE M. MASSARDI

Opini  SENIN, 09 JULI 2018 , 09:02:00 WIB

Indahnya Kompetisi Tanpa Threshold, Pengantar Nonton Semi-Final

Foto/Net

PIALA DUNIA adalah kompetisi olahraga paling banyak ditonton di muka bumi. Kalau dihitung secara cermat, terutama sejak teknologi informasi jadi begini maju sehingga dunia bisa berada dalam genggaman, boleh jadi lebih dari 1,5 milyar orang menyaksikan putaran final sepakbola yang digelar selama sebulan.

Turnamen sepakbola (pria) empattahunan yang dirancang Fédération Internationale de Football Association (FIFA) ini menarik ditonton bukan semata cabang olahraga yang satu ini banyak penggemarnya.

Tapi karena FIFA mendesain format dan sistem kompetisinya dengan memperhitungan secara cermat berbagai dinamika yang berkembang, untuk menyalurkan naluri manusia yang secara sunatullah (ingin) terus berubah.

Keputusan FIFA dalam menjaga dinamika sepakbola yang paling penting dicatat adalah komitmen yang sejak awal dan terus dipertahankan hingga sekarang adalah: memberikan kesempatan kepada semua negara untuk mengikuti kompetisi Piala Dunia.

Meskipun secara rutin melakukan pemeringkatan untuk mengukur kualitas sebuah timnas, tapi itu tidak dijadikan nilai ambang batas (threshold) persyaratan kepesertaan mengikuti turnamen. Semua anggota FIFA berhak ikut serta dalam Piala Dunia.


Komentar Pembaca
Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Demokrat Akui Main Dua Kaki

Demokrat Akui Main Dua Kaki

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

SENIN, 17 SEPTEMBER 2018 , 19:00:00

The ads will close in 10 Seconds