Redam Kemarahan Masyarakat Adat, Panglima Alif Datang Ke Polda

Budaya  SELASA, 10 JULI 2018 , 17:00:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Redam Kemarahan Masyarakat Adat, Panglima Alif Datang Ke Polda

RMOLLampung

RMOLLampung. Panglima Alif Jaya berusaha meredam amarah masyarakat adat dengan cara mendampingi Amir Faisal Sanjaya melaporkan dugaan pelecehan penutup kepala mereka oleh Seno Aji ke Polda Lampung, Selasa (10/7).

Saat mendamping Amir, para pemuda adat bertopi dan kain adat mengawal panglimanya. Mereka masih ingin "ngeludruk" Seno Aji. Namun, panglima terus meredam mereka.

Menurut panglima Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak Wilayah Selatan tersebut sejak semalam dirinya ditelepon masyararakat adat dari berbagi kabupaten/kota yang meminta ijin "menemui" Seno Aji.

Hingga kini, katanya, masih banyak yang menghubunginya untuk "menyelesaikan" sendiri masalah ini langsung dengan Seno Aji. "Mudah-mudahan, dengan pelaporan ini, emosi sanak-muary bisa reda," ujarnya.

Masalah ini berawal dari komentar Seno Aji, ketua Angkatan Muda Partai Golkar Kota Bandarlampung, terhadap postingan foto Amir memakai pakaian adat saibatin pada Whatsaap Grup Inilampung, Senin (9/7).

Seno bilang seperti jin pencabut nyawa karena pakai topi ada tanduknya. "Foto ini kenapa ada tanduknya? Mirip jin pencabut nyawa."

Komentar tersebut langsung ditanggapi anggota WAG. Amir dan beberapa anggota grup marah karena "kikat hanuang bani" menjadikan seseorang jadi seperti jin pencabut nyawa.

Masyarakat adat saibatin yang mengetahui hal tersebut marah terhadap komentar bernada pelecehan terhadap penutup kepala yang berfilosofi tinggi bagi masyarakat adat sejak ratusan tahun lalu.

Bukan hanya masyarakat adat saibatin yang marah, kata Karya Samsuri bergelar Panglima Alif Jaya, tapi masyarakat adat pepadun juga. "Karena, kami satu, sang buwi ruwa jurai, dua jurai satu daerah, Lampung," katanya.[hms]

Komentar Pembaca
Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

KAMIS, 19 JULI 2018 , 13:00:00

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

RABU, 18 JULI 2018 , 13:00:00

Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

SENIN, 16 JULI 2018 , 15:00:00

Dugaan Politik Uang Di Pilgub Lampung

Dugaan Politik Uang Di Pilgub Lampung

MINGGU, 08 JULI 2018 , 07:35:00

Peringati Al Quds Day

Peringati Al Quds Day

JUM'AT, 08 JUNI 2018 , 19:27:00