Bupati Dendi Kenalkan "Gadis” Ke Forum Bappenas RI

Daerah  RABU, 11 JULI 2018 , 15:20:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Bupati Dendi Kenalkan
RMOLLampung. Bupati Pesawaran Dendi Romadona memaparkan konsep pembangunan ”Gadis” pada Indonesia Development Forum Kementrian PPN/BAPPENAS RI di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (10/7).

Dendi memaparkan konsep kolaborasi peningkatan ekonomi antara pemerintah kabupaten dan desa pada Forum IDF yang diikuti 700 peserta dari pemerintahan, akademisi, peneliti, swasta, investor, serta media hingga Kamis (11/7).

Lewat Gadis, kata Dendi, pemerintah dan pihak terkait berupaya agar produk unggulan dan basis produksi desa bisa berkolaborasi agar lebih berkembang berdasarkan kondisi potensi pasar dari masing masing desa.

Program berjalan berdasarkan skema supervise, fasilitator, verifikasi, penyertaan modal, monitoring dan evaluasi yang dapat mendorong kualifikasi peningkatan kompetensi dan kompetisi bundes dan potensi ekonomi masyarakat desa.

Beberapa dukungan program Gadis sendiri telah dilakukan pada sektor-sektor perbaikan infrastruktur wisata, penyertaan modal bumdes, inkubasi usaha, dan lainnya.

Dendi menguraikan apa yang sudah dilakukan Pemkab Pesawaran adalah bantuan kapal, snorkling di Bumdes Pahawang, perbaikan jalan menuju air terjun anglo Desa Gunungrejo.

Lainnya, penyertaan modal dan inkubasi bisnis air mineral di Desa Mulyosari, penguatan modal dalam pengolah biji coklat di Desa Wiyono dan Gunungrejo, penguatan modal pengolahan batu fosil di Wates Wayratai.

Masih ada lagi, penguatan modal kerajinan tangan kain tapis di Negerikaton.

Prestasi.program Gadis yang telah tercapai adalah jadinya Desa Gunungrejo terbaik nasional regional Sumatera 2017, Desa Mulyosari menerima penghargaan Pakarti Utama 2017, Desa Sinar Jati meraih penghargaan Pakarti Utama 2018.

Dalam forum tersebut, Dendi mengajak semua stakeholder terkait bisa bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Pesawaran berupa inkubasi bisnis, akses permodalan, akses pemasaran yang terintegrasi agar pemberdayaan ekonomi masyarakat desa bisa bergerak bersama dengan kemajuan warga desanya.

Pemerintah Kabupaten Pesawaran menyadari bahwa sebagus apapun program inovasi tanpa adanya dukungan semua pihak, termasuk investor asing, tidak akan belangsung lama, ucap Dendi.

Oleh karena itu, Pemkab Pesawaran membuka diri untuk menjalin kerjasama dengan pihak asing yang dapat dengan cepat mengembangkan potensi desa hingga masyarakat desa dapat sejahtera, tenang dan senang.

Saifuddin, kepala Desa Mulyosari, Wayratai, mengharapkan program inovasi Gadis bisa terus dilanjutkan untuk mendorong kemajuan ekonomi desa dengan berbasis produk unggulan yang ada di desa. [hms]

Komentar Pembaca
Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

KAMIS, 19 JULI 2018 , 13:00:00

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

RABU, 18 JULI 2018 , 13:00:00

Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

SENIN, 16 JULI 2018 , 15:00:00

Dugaan Politik Uang Di Pilgub Lampung

Dugaan Politik Uang Di Pilgub Lampung

MINGGU, 08 JULI 2018 , 07:35:00

Peringati Al Quds Day

Peringati Al Quds Day

JUM'AT, 08 JUNI 2018 , 19:27:00