Kesultan Banten Dan Cirebon Terusik ”Hanuang Bani” Disamakan Dengan Jin

Budaya  RABU, 11 JULI 2018 , 18:37:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD IQBAL

Kesultan Banten Dan Cirebon Terusik ”Hanuang Bani” Disamakan Dengan Jin

Panglima Elang Berantai ketika bersama Kesultanan Banten / RMOLLampung

RMOLLampung. Kesultanan Banten dan Cirebon ikut terusik oleh ”senda gurau” Seno Aji yang menyamakan tanduk ”kikkat hanuang bani” seperti jin pencabut nyawa.

Panglima Elang Berantai dari Kerajaan Paksi Pak wilayah Selatan mengatakan kepada Kantor Berita RMOLLampung bahwa kedua kesultan ternyata menyimak persoalan ini.

Seno Aji, pada WA Grup Inilampung, menyamakan penutup kepala kebanggaan masyarakat Lampung, khususnya Lampung Saibatn, ”kikkat hanuang bani”, seperti jin pencabut nyawa.

WAG tersebut beranggotakan 165 orang dari latar belakang beragam, ada aktivis, politikus, wartawan, budayawan, seniman, anggota legislatif, pejabat, pengacara, dan profesi lainnya.

Kader muda Partai Golkar Kota Bandarlampung itu mengomentari foto Amir Faizal Sanjaya berseragam adat saibatin untuk pencalonannya sebagai anggota DPD RI.

Menurut Panglima Elang Berantai, para prajurit Kesultanan Banten juga menyatakan siap tunggu ”perintah” dari saibatin soal dugaan pelecehan terhadap nilai-nilai budaya.

Demikian pula prajurit dari Kesepuhan Cirebon, katanya, mereka sudah mendengar dan marah atas penyamaan ”kikkat hanuang bani” dengan jin pencabut nyawa.

Panglima Elang Berantai sendiri mengaku akan pulang dari Jakarta ke Lampung, Sabtu (14/7). ”Tunggu, Sabtu, adinda mulang mik Bandarlampung, haga nyepok,” ujarnya dalam Bahasa Lampung Saibatin.

Panglima Alif, untuk meredam kemarahan masyarakat adat, telah mendampingi Amir Faizal Sanjaya melaporkan masalah ini ke Polda Lampung, Selasa (10/7).

Amir Faizal Sanjaya mengatakan foto yang dipakainya untuk pencalonan DPD RI atas perintah Yang Mulia Saibatin Puniakan Dalom Beliau Sutan Skala Brak yang ke-23 YM Edwardsyah Pernong.

”Boleh benci sama saya, Amir Faizal Sanzaya, tapi tolong jangan pernah hina pakaian adat yang saya pakai,” katanya kepada Kantor Berita RMOLLampung.[hms]

Komentar Pembaca
Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

Rumah Politisi PKS Dilempar Bom Molotov

KAMIS, 19 JULI 2018 , 13:00:00

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

Menteri Enggar Urus Telur Saja Tidak Becus!

RABU, 18 JULI 2018 , 13:00:00

Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

SENIN, 16 JULI 2018 , 15:00:00

Dugaan Politik Uang Di Pilgub Lampung

Dugaan Politik Uang Di Pilgub Lampung

MINGGU, 08 JULI 2018 , 07:35:00

Peringati Al Quds Day

Peringati Al Quds Day

JUM'AT, 08 JUNI 2018 , 19:27:00