Kiki challenge Melanda Anak Muda Zaman Now

Lifestyle  MINGGU, 29 JULI 2018 , 11:16:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Kiki challenge Melanda Anak Muda Zaman Now
RMOLLampung. Kiki challenge atau in my feelings challenge melanda anak muda saat ini. Mabes Polri, Polda Lampung, hingga polres mengingatkan bahayanya melakukan kiki challenge.

Gaya ”anak zaman now” yang sedang melanda dunia ini adalah berjoget sesuai lagu In My Feelings yang dinyanyikan Drake dengan keluar kendaraan dengan dengan pintu terbuka dan.tetap melaju berlahan di jalan raya.

Tak hanya orang biasa, pesohor dalam negeri pun sampai ikut-ikutan membuat tantangan ini, mulai dari Nia Ramadhani, Aura Kasih hingga Jesicca Iskandar.

Tarian kiki challenge awalnya dilakukan oleh Shiggy yang mengenakan setelan warna pink dan topi di kepalanya menari dengan lihai di pinggir jalan.

Saat lirik ‘Kiki do you love me?’ Ia membuat gerakan tangan berbentuk hati. Kemudian, muncul gerakan laiknya mengemudi ketika lirik dalam lagu Drake ‘Are you riding’.

Video yang diunggah pada 30 Juni 2018 itu telah ditonton sebanyak lebih dari enam juta pasang mata, dan telah disukai lebih dari 600 ribu pengguna akun instagram.

Para anak muda dunia kemudian ikut mengunggah hasil kiki chalenge-nya ke berbagai akun media sosialnya. Dalam beberapa pekan saja, ada 328.034 unggahan di tagar #inmyfeelingschallenge di instagram.

Tak hanya itu, di Youtube banyak video kompilasi dari kiki challenge dengan beragam gaya, ada yang berhasil dan ada yang gagal melakukannya.

Dirlantas Polda Lampung Kombespol Kemas Ahmad Yamin menghimbau agar masyarakat Lampung tidak latah dengan fenomena sosial media yang viral tersebut.

Kombespol Kemas Ahmad Yamin mengatakan selain berbahaya juga dapat didenda pidana paling lama tiga bulan penjara dan Rp750 ribu. Pihak kepolisian akan menilang pelaku kiki challenge.

Kasat Lantas Polres Lampung Selatan AKP Reza Khomeini juga mengingatkan agar anak muda Lampung Sekatan tidak melakukan aksi tersebut. Ia akan menindak tegas pelaku kiki chalenge.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan, Kiki Challenge dilarang karena dianggap membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Aksi tersebut juga bertentangan dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) jika dilakukan sambil berkendara. Bahkan pengendara yang melakukan Kiki Challenge bisa dipidana.

"Bisa dikenakan Pasal 283 jo Pasal 106 ayat 1 UU 22/2009 dengan denda maksimal Rp 750 ribu atau kurungan 3 bulan," ujar Iqbal di Jakarta, Kamis (26/7).

"Jangankan buka pintu mobil, keluar, lalu joget. Pakai ponsel (saat berkendara) saja dilarang," ucap Iqbal.

Dia menuturkan penegakan UU LLAJ itu mengandung maksud bahwa kepolisian ingin masyarakat dan pengguna jalan lain selamat. Pengendara tidak hanya bertanggung jawab pada keselamatan diri sendiri tapi juga masyarakat lain.[hms]

Komentar Pembaca
Rachmawati: Vivere Pericoloso

Rachmawati: Vivere Pericoloso

JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

BENANG MERAH (EPS.151): Tak Ada Paslon Yang Tak Retak
Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 18:00:00