MK Hanya Perlu Satu Bukti Untuk Pilgub Ulang

Politik  SENIN, 06 AGUSTUS 2018 , 18:50:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

MK Hanya Perlu Satu Bukti Untuk Pilgub Ulang

Eddy Rifai / Foto RMOLLampung

RMOLLampung. Dr. Eddy Rifai, SH, MH mengatakan Mahkamah Konstitusi (MK) bisa cukup membuktikan adanya politik uang yang TSM dari terpenuhinya salah satu unsur saja.

”Jika terbukti salah satu dari ketiga unsur saja dari TSM, misalnya masifnya saja, Mahkamah Konstitusi sudah dapat memutuskan pemilihan ulang,” ujarnya kepada Kantor Berita RMOLLampung.

Pakar hukum pidana dari Unila tersebut menjelaskan bahwa MK tak harus membuktikan adanya politik uang yang TSM dengan terpenuhinya ketika unsur tersebut :terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

”Diterimanya pengaduan dari paslon satu dan paslon dua oleh MK, bukti bahwa lembaga tersebut tidak melihat soal selisih perolehan suara satu persen seperti yang didengungkan pihak paslon tiga, ujarnya.

Di MK, ada tiga panel, kata Eddy. Panel pertama memeriksa soal ”money politics”, panel kedua tentang TSM atau tidak, dan panel ketiga soal selisih suara, urai perintis SKM Teknokra Unila itu.

Gugatan dari kuasa hukim paslon satu Ridho-Bachtiar maupun paslon dua Herman HN-Sutono , kata dia, ternyata masuk panel satu tentang ada tidaknya politik uang.

 ”Sekarang tergantung tim hukum paslon satu dan dua untuk membuktikan dugaan adanya politik uang,” katanya. Diduga, paslon tiga Arinal-Chusnunia yang telah melakukan politik uang.  [hms]

Komentar Pembaca
Rachmawati: Vivere Pericoloso

Rachmawati: Vivere Pericoloso

JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

BENANG MERAH (EPS.151): Tak Ada Paslon Yang Tak Retak
Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 18:00:00