HGU Habis 2011, Petani Cinta Damai Aksi Usir Pengelola Lahan

Daerah  JUM'AT, 10 AGUSTUS 2018 , 20:58:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

HGU Habis 2011, Petani Cinta Damai Aksi Usir Pengelola Lahan

Aksi petani/RMOLLampung

RMOLLampung. Ratusan petani dan mahasiswa aksi mengusir PT Darma Agrindo dari Register 40, Desa Karang Rejo, Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat (10/8).

Mereka yang tergabung dalam Petani Cinta Damai membentangkan spanduk tiga tuntutannya di pintu gerbang masuk kawasan perkebunan dan pabrik singkong tapioka tersebut.

Ketiga tuntutan para petani yang didamping mahasiswa adalah :cabut HGU PT Darma Agrindo, bubarkan PT Darma Agrindo, duduki dan kelola lahan PT Darma Agrindo.

Mereka mengatakan perusahaan beroperasikan secara terselubung dan ilegal. Setiap hari, kendaraan muatan singkong hilir-mudik lokasi tersebut.

Bahkan, saat aksi, aktivitas masih berlangsung di lokasi tersebut. "Tadi, sebelum aksi saja, ada dua truk fuso pengangkut singkong yang keluar dari perusahaan ini," kata Rahmad, koordinator aksi.

Tidak hanya soal izin, perusahaan pengolahan tepung tapioka ini juga menimbulkan limbah dan rusaknya infrastruktur jalan akibat angkutan berat keluar-masuk perusaha.

"Selain izin yang sudah habis, perusahaan ini tidak mampu mengolah limbahnya dengan baik, sehingga mencemari lingkungan," kata dia

Mereka yang tergabung dalam Gerakan Petani Cinta Damai menuntut perusahaan hengkang dari lahan Register 40 seluas 50 Ha karena sudah habis HGU-nya sejak 2011. [hms]

Komentar Pembaca
Rachmawati: Vivere Pericoloso

Rachmawati: Vivere Pericoloso

JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

BENANG MERAH (EPS.151): Tak Ada Paslon Yang Tak Retak
Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

Hadi Tjahjanto - TNI dan Polri (Bag.2)

RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 18:00:00