Kedaulatan Budaya Belum Dibicarakan Seperti Politik Dan Ekonomi

Budaya  SELASA, 28 AGUSTUS 2018 , 07:01:00 WIB | LAPORAN: DERRY HAIKAL

Kedaulatan Budaya Belum Dibicarakan Seperti Politik Dan Ekonomi

Bambang Suryadi

RMOLLampung. Kebudayaan masih belum dibicarakan seperti halnya politik dan ekonomi. Padahal, kepribadian dan kebudayaan bangsa merupakan salah satu konsep Trisakti Bung Karno, kata Bambang Suryadi.

Padahal, katanya, ketiganya merupakan indikator kedaulatan suatu bangsa. "Mirisnya, kita malah menyaksikan orang asing banyak yang menghargai bahkan mencintai kebudayaan Indonesia," ujar anggota DPRD Lampung itu..

Konsep berdikari dalam hal berkepribadian dalam kebudayaan merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan, ujar Sekretaris Komisi I itu, Selasa (28/8).

"Sebagai pribumi harus terus menjaga supaya nilai-nilai kearifan lokal tidak pernah hilang tergerus oleh budaya modern. Sebagai mana pesan Bung Karno lewat Trisaktinya. Berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian secara sosial budaya," ujar Wakil Ketua Bidang Organisasi Partai PDIP,

Untuk itu, wujud pembuktian kecintaan dirinya pada seni dan budaya Bambang Suryadi selalu meluangkan waktu melihat  wayang kulit. Bahkan karena kecintaannya terhadap wayang kulit dia di dapuk sebagai ketua persatuan dalang indonesia (Pepadi) Lampung Tengah.

"Tak hanya itu, Pepadi juga ikut dalam pembahasan perda Tari Sembah dijadikan  pembuka saat dikegiatan resmi baik di lingkungan pemerintahan maupun swasta. Sehingga kearifan lokal Lampung tetap terjaga," kata dia.


Komentar Pembaca
Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

The ads will close in 10 Seconds