Pencak Silat Mendunia

OLEH: JAYA SUPRANA

Sport  SENIN, 10 SEPTEMBER 2018 , 07:50:00 WIB

Pencak Silat Mendunia

Jaya Suprana/Net

PENELITI pencak silat Donald F. Draeger berpendapat, bukti adanya seni bela diri Nusantara bisa dilihat pada berbagai artefak senjata yang ditemukan dari masa Hindu-Budha, serta pada pahatan relief-relief sikap kuda-kuda pencak silat di candi Prambanan dan Borobudur.

Draeger meyakini bahwa senjata dan seni beladiri pencak silat tak terpisahkan, bukan hanya dalam olah tubuh saja, melainkan juga pada hubungan spiritual terkait erat dengan kebudayaan Indonesia.

Akulturasi

Sementara berbagai pihak berpendapat bahwa terdapat pengaruh ilmu bela diri dari Cina dan India dalam pencak silat. Hal ini karena sejak awal kebudayaan Melayu telah mendapat pengaruh dari kebudayaan yang dibawa oleh pedagang maupun perantau dari India, Cina, dan mancanegara lainnya.

Pencak silat telah dikenal oleh sebagian besar masyarakat rumpun Melayu dalam berbagai nama. Di semenanjung Malaysia dan Singapura, pencak silat lebih dikenal dengan nama alirannya yaitu gayong dan cekak, di Thailand : bersilat, dan di Filipina selatan: pasilat.


Komentar Pembaca
Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

The ads will close in 10 Seconds