Anshori Djausal :

Kearifian Lokal Kekuatan Menghadapi Kegaduhan Sosial-Politik

Budaya  SELASA, 09 OKTOBER 2018 , 00:15:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Kearifian Lokal Kekuatan Menghadapi Kegaduhan Sosial-Politik
RMOLLampung. Budayawan Lampung, Anshori Djausal, prihatin dengan kegaduhan sosial-politik belakangan ini. Dia melihat perlu kembali pada kearifian lokal sebagai kekuatan karakter bangsa.

Hal ini yang akan disampainya pada FGD Kajian Pengembangan dan Penguatan Budaya sebagai Karakter Bangsa di Lampung Tengah, Selasa (9/10). Anshori mengangkat tema Kemuarian sebagai Kekuatan Karakter Bangsa.

Kehidupan sosial politik kita belakangan  sudah terhanyut jauh norma-norma yang asing, demokrasi yang kebablasan, hedonisme, konsumerisme,  perilaku yang menghalalkan segala cara," katanya kepada RMOL Lampung, Rabu (9/10).

Selain itu, dia melihat hilangnya kepercayaan satu sama lain, mengabaikan etika yang lazim, malahan ada kekhawatiran dengan rasa kebangsaan yang memudar, misalnya saja menipisnya patriotisme rasa cinta tanah air.

Akibatnya, kata Anshori, banyak yang tersesat bahkan tak sedikit yang akhirnya kehilangan jati dirinya, jauh dari norma-norma kearifian lokal yang sudah teruji mendamaikan kehidupan seseorang dan masyarakat.


Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

The ads will close in 10 Seconds