Demokrasi Sontoloyo Di 90 Tahun Hari Sumpah Pemuda

Oleh Zainal Bintang

Opini  MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 20:40:00 WIB

Demokrasi Sontoloyo Di 90 Tahun Hari Sumpah Pemuda
HARI ini, 28 Oktober 2018, Bangsa Indonesia memeringati 90 tahun lahirnya Sumpah Pemuda. Tiga hari yang lalu, Kamis (25/10), KPK yang lahir dari rahim Reformasi tahun 2002, sudah memeroses 100 kepala daerah dalam kasus korupsi.

Belum lagi ratusan anggota DPR dari pusat sampai kabupaten kota bersama pejabat eksekutif dan yudikatif yang telah di-Sukamiskinkan oleh KPK.
Lantas bagaimana kondisi bangsa Indonesia hari ini di mata dunia? Dalam daftar terbaru Transparansi Internasional tahun 2017 Indonesia berada di peringkat ke-96 sebagai negara terkorup bersama Brasil, Kolombia, Panama, Peru, Thailand, dan Zambia. Di Asia Tenggara Indonesia berada di bawah Singapura (6), Brunei Darussalam (32), Malaysia (62), dan bahkan Timor Leste (91).

Memang sembilan puluh tahun sudah usia Sumpah Pemuda hari ini, tapi tidak terasa apalagi -terlihat- adanya semarak narasi besar kebangsaan penanda rasa syukur dan bahagia. Ekspresi rasa bahagia dan syukur yang panjang karena dapat membangun diri menjadi negara bangsa seakan -akan terpinggirkan ke sudut negeri yang sepi.

Yang tersisa hanya hembusan sunyi senandung kebangsaan diterjang hiruk-pikuk aktor-aktor pemburu kuasa di panggung politik praktis yang tidak mengindahkan nalar, etika dan kesantunan sebagai bangsa yang berbudaya tinggi.

Presiden Jokowi dalam beberapa kali kesempatan berbicara dengan tegas menyebutkan adanya politik kebohongan yang disebarkan oleh politisi sontoloyo. Pernyataan Jokowi itu kontan menjadi trending topik yang memenuhi langit medsos viral kemana-mana dengan berbagai hiasan pro dan kontra.

Komentar Pembaca
Metafora Negatif Kubu Petahana

Metafora Negatif Kubu Petahana

SENIN, 12 NOVEMBER 2018 , 17:00:00

Jokowi Blusukan Bandingkan Harga Komoditas Pangan

Jokowi Blusukan Bandingkan Harga Komoditas Pangan

SENIN, 12 NOVEMBER 2018 , 14:00:00

#PolitisiOnTheRoad: Priyo, Berkarya, Soeharto dan Prabowo
Mabes Polri Sambangi Redaksi RMOL

Mabes Polri Sambangi Redaksi RMOL

RABU, 17 OKTOBER 2018 , 06:27:00

The ads will close in 10 Seconds