Andi Surya : Dana Otsus Hanya Timbulkan Kecemburua Daerah Lain

Ekbis  SENIN, 03 DESEMBER 2018 , 20:46:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Andi Surya : Dana Otsus Hanya Timbulkan Kecemburua Daerah Lain
RMOLLampung. Mendagri Tjahyo Kumolo dan Wakil Menkeu Mardiasmo minta dana otonomi khusus (otsus) dilanjutkan. Andi Surya, anggota DPD RI, menilai dana otsus menimbulkan kecemburuan daerah lain.

Hal ini terungkap pada rapat kerja antara Komite 1 DPD RI dengan Mendagri Tjahyo Kumolo dan Wakil Menkeu Mardiasmo, Senin (03/12). Daerah yang memeroleh dana otsus Aceh, Papua, dan Papua Barat,

Ketua Komite 1 Benny Rhamdani mengatakan daerah penerima ternyata seperti tak terpengaruh dengan adanya dana otsus : kemiskinan, indeks pembangunan manusia belum bergerak, pelayanan publik yg belum maksima,l dan persoalan kewenangan relasi pusat, provinsi, kabupaten/kota.

Andi Surya, senator Lampung melihat masih terdapat problem kompetensi SDM, program-program yang belum terstruktur dan selaras dengan kebutuhan daerah otsus, serta pengawasan yang belum maksimal.

Akibatnya, dia menduga masih terdapat inefisiensi anggaran otsus plus dan masih terjadi penyelewengan dan korupsi.
"Kami setuju saja jika dana otsus ini dilanjutkan hingga 2021. Namun perlu diketahui, dana otsus menyebabkan kecemburuan provinsi lain agar juga diistimewakan, perhatian khusus, dari pemerintah pusat.

Komentar Pembaca
Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Pertemuan Wartawan Dunia 2019

Pertemuan Wartawan Dunia 2019

SENIN, 01 APRIL 2019 , 17:46:00

The ads will close in 10 Seconds