Spirit Toro, Bunga Ilalang, Dan Nurbaito Dalam "Perupa Berbicara"

Budaya  MINGGU, 09 DESEMBER 2018 , 21:34:00 WIB | LAPORAN: HERMANSYAH

Spirit Toro, Bunga Ilalang, Dan Nurbaito Dalam

Karya Bunga Ilalang

RMOLLampung. Para alumni Sekolah Seni Menengah Seni Rupa (SMSR) Yogyakarta ingin berbagi spirit karya seni rupa mereka kepada masyarakat Lampung. Toro terusik ikut mewujudkan semangat tersebut.

Mereka yang siap berdedikasi untuk seni rupa bisa dihitung dengan jari. Lampung bersyukur punya Toro yang selalu gereget pada lukisan. Tanpa berisik, dia kosisten mengikuti dan mengapresiasi denyut seni rupa Lampung.

Pada kata pengantar katalog "Pameran Seni Rupa Spirit of Art" (Perupa Berbicara), pemilik Torro Gallery ini langung mengiyakan ketika dua seniman Nurbaito dan Bunga Ilalang mengajaknya bergabung menggelar pameran.

"Saya langsung menyanggupi dengan alasan antara lain karya kedua seniman ini banyak menggoda kesadaran kritis kita," ujarnya. Keduanya, menurut Toro, punya ciri khas mengolah objek-objek lukisannya.

Bunga Ilalang sangat mengesankannya dengan gaya "tikar" dan Nurbaito yang sangat khas dalam setiap goresannya di kanvas. "Karya keduanya memukau dengan pesan dan kritik dan pesan yang hendak disampaikan," ujar Toro.


Komentar Pembaca

The ads will close in 10 Seconds