Meningkat, Kematian Remaja AS Akibat Overdosis Opioid

Kesehatan  MINGGU, 30 DESEMBER 2018 , 16:35:00 WIB | LAPORAN: DIDIT GUNAWAN

Meningkat, Kematian Remaja AS Akibat Overdosis Opioid
RMOLLampung. Tingkat kematian akibat overdosis opioid di kalangan anak-anak dan remaja Amerika Serikat meningkat tiga kali lipat dalam dua dekade terakhir. Ribuan anak muda tewas keracunan opioid.
Opioid adalah obat penghilang rasa sakit yang bekerja dengan reseptor opioid di dalam sel tubuh. Obat ini dibuat dari tanaman opium seperti morfin (Kadian, Ms Contin) atau disintesis di laboratorium seperti fentanil (Actiq, Duragesic)

Studi terbaru yang dilakukan oleh tim peneliti Universitas Yale yang dirilis pada Jumat (28/12), menemukan bahwa hampir 9.000 anak-anak dan remaja meninggal karena keracunan opioid dari tahun 1999 hingga 2016.

Data itu menunjukkan bahwa kematian tahunan meningkat tiga kali lipat selama 18 tahun terakhir.
Temuan itu menunjukkan epidemi opioid kemungkinan akan berlanjut kecuali anggota parlemen, pejabat kesehatan masyarakat, dokter dan orang tua berbuat lebih banyak untuk menjaga obat-obatan dari jangkauan tangan orang muda.

"Kematian ini tidak mencapai tingkat kematian orang dewasa akibat opioid, tetapi mereka mengikuti pola yang sama," kata ketua peneliti Julie Gaither, seorang instruktur di Yale School of Medicine, seperti dimuat Press TV. [hms]

Komentar Pembaca
KPK Mestinya Panggil Tjahjo

KPK Mestinya Panggil Tjahjo

SELASA, 15 JANUARI 2019 , 15:00:00

Sampaikan Visi Misi, Jokowi Langgar UU Pemilu?

Sampaikan Visi Misi, Jokowi Langgar UU Pemilu?

SENIN, 14 JANUARI 2019 , 15:00:00

Alumni

Alumni "Nasi Bungkus" UI For Jokowi

MINGGU, 13 JANUARI 2019 , 21:00:00

The ads will close in 10 Seconds