BMKG Waspadai Retakan Baru Gunung Anak Krakatau

RAGAM  RABU, 02 JANUARI 2019 , 11:31:00 WIB | LAPORAN: BAMBANG SBY

BMKG Waspadai Retakan Baru Gunung Anak Krakatau
RMOLLampung. Dari pantauan udara terbaru Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) terhadap Gunung Anak Krakatau, ada kepulan asal dari dalam laut dan celah badan sisa gunung berapi tersebut.
Kepala BMKG Prof Dwikorita Karnawati berpendapat celah tersebut pastinya dalam, bukan celah biasa. Ada dua retakan baru dalam satu garis lurus di salah satu sisi badan Gunung Anak Krakatau, katanya.

Dwikorita menduga retakan terjadi lantaran adanya getaran tinggi yang muncul saat gunung erupsi. Dia khawatir lantaran kondisi bawah laut Gunung Anak Krakatau saat terdapat jurang di sisi barat hingga selatan.

Retakan tersebut muncul setelah gunung mengalami penyusutan dari 338 meter dari atas permukaan laut (mdpl) menjadi 110 mdpl, katanya di Posko Terpadu Tsunami Selat Sunda, Labuan, Kabupaten Pandeglang, Selasa (1/1).

Sejak Kamis (27/12), status Gunung Anak Krakatau ditingkatkan dari waspada menjadi siaga karena peningkatan aktivitas vulkaniknya. Erupsi gunung tersebut berkembang ke arah Barat Daya. [hms]


Komentar Pembaca

The ads will close in 10 Seconds