Jokowi, Antara Busur Cincin Api Fasifik Dan Mimpi DKI Lampung

Oleh Ahmad Muslimin

RAGAM  RABU, 02 JANUARI 2019 , 22:46:00 WIB

Jokowi, Antara Busur Cincin Api Fasifik Dan Mimpi DKI Lampung
NKRI berada di antara Lempeng Australia, Lempeng Eurasia serta Lempeng Fasifik dan termasuk dalam "Busur Cicin Api Fasifik". Akibatnya, NKRI sering terjadi bencana alam berupa gempa vulkanik dan tektonik.

Para ahli vulkanologi Gunung Api Toba Purba di Sumatera Utara yang meletus perdana 800 ribu tahun silam, meletus untuk kedua kalinya 500 ribu tahun lalu, dan letusan ketiga 75 ribu tahun yang lalu asbab terjadinya Zaman Es.

Zaman Es diakhiri oleh ledakan Gunung Krakatau Purba pada tahun 416 M, yang mengubah dunia memasuki era baru dengan hadirnya Revolusi Industri Pertama dan kini telah sampai pada Revolusi Industri 4.0.

Pada tahun 1783, Gunung Api Laki di Islandia berkekuatan VEI 7 telah jadi salah satu pemicu terjadinya pergolakan ekonomi politik sampai terjadinya Revolusi Perancis pada 1789 - 1799.

Rakyat Perancis mengalami tranformasi sosial politik yang epik dengan runtuhnya; feodalisme, aristokraksi dan monarki mutlak yang di ganti oleh prinsip-prinsip baru; liberte (kebebasan), egalite (persamaan) dan frantenite (persaudaraan).


Komentar Pembaca

The ads will close in 10 Seconds