Soal Esemka, Airlangga Tunjukkan Sikap Menteri Profesional

Politik  KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 09:40:00 WIB |

Soal Esemka, Airlangga Tunjukkan Sikap Menteri Profesional

Airlangga Hartarto/Net

RMOLLampung. Peluncuran mobil Esemka di Boyolali, minggu lalu, mendapatkan kritik dari sebagian netizen.  Salah satu sasaran kritik adalah Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto, yang dipandang sangat aktif menjadi narasumber media saat launching Esemka.
 
Pasalnya, Esemka disebut-sebut sebagai produk swasta dan bukan mobil nasional, sehingga kegigihan Menperin dalam "membela" produk tersebut dipertanyakan. Airlangga pun dianggap telah berperan jadi benteng politik” bagi Presiden Jokowi, orang yang pertama kali mempopulerkan Esemka saat masih menjadi Walikota Solo, sewindu lalu.

Kritik-kritik kepada pemerintah, khususnya yang dialamatkan kepada Menperin itu, dinilai tidak tepat oleh ekonom muda Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Bandung Koordinator Jawa Barat, Aditia Febriansyah.
 
"Sebagai buatan anak bangsa, terlepas sebagian komponennya masih impor dan terlepas dari faktor Jokowi, Esemka perlu diapresiasi oleh pemerintah dan publik," ujar Aditia kepada Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (11/9).

Dikatakan Aditia, pemerintah sejak awal terlibat dalam proses perijinan dan serangkaian uji kelayakan Esemka. Sangat wajar jika pemerintah ikut berbicara saat peluncurannya ke pasar.


Komentar Pembaca
Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

Heboh Pria Berpistol Di Jakarta Pusat

SABTU, 15 JUNI 2019 , 17:00:00

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

Harta Jokowi Bertambah 13 Miliar Dalam 13 Hari

JUM'AT, 14 JUNI 2019 , 21:00:00

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

Pesan Danyon Brimob H-1 Jaga MK

KAMIS, 13 JUNI 2019 , 21:00:00

The ads will close in 10 Seconds